Kamis, 09 Januari 2020

Catatan Harian Ibu - Seragam Baru Ayah

Pernah mendengar kalimat beranak itu pilihan? Setahu ibu, yang menjadi pilihan bagi seorang hawa adalah bekerja, karena sejatinya setelah menikah perempuan seharusnya justru di rumah. Keluar rumah saja harus izin suami, apalagi mencari nafkah. Lalu bagaimana jika penghasilan suami tidak mencukupi?

Ibu sudah berkerja selama 12 tahun, memilih berhenti karena mau lahiran anak kedua. Ayah setuju, bahkan hingga detik terakhir sebelum ibu menyerahkan surat resign ayah tetap yakin. Padahal  penghasilan yang kita miliki bisa dobel kalau sama-sama bekerja. Tapi kita punya pemikiran sama dan mungkin kuno bagi sebagian orang. Mengasuh anak lebih penting, insya Allah gaji ayah cukup untuk kebutuhan sehari-hari.

Sebulan setelah resign, ayah mendapat surat mutasi dan menyebabkan penghasilan ayah turun. Hati mulai gelisah, meskipun ibu memiliki bisnis online tapi kondisi pasca melahirkan membuat bisnis ibu sedikit tersendat. Ayahpun sudah tak betah di tempat baru, kemudian ayah berdiskusi dengan ibu tentang rencana resign dan melamar di tempat lain. Air mata ibu jatuh di dalam hati, menyesal? Tidak. Ibu hanya merasa ujian kali ini cukup berat, namun begitu ibu yakin Allah akan kasih saat kita butuh bukan saat kita ingin.

Qadarullah, Ayah diterima bekerja di tempat baru dengan gaji pas-pasan. Dua juta untuk lima kepala rasanya terlalu beresiko, apa yang menguatkan hati. Keyakinan bahwa Allah tidak akan menguji umatnya diluar kemampuannya. Alhamdulillah, sebulan bekerja kita masih bisa survive dan justru dengan gaji pas-pasan kita masih bisa nabung. Ayah bekerja dengan gembira, ibupun tenang karena ayah punya banyak waktu dengan anak-anak sebab jadwal ayah yang sekarang cukup fleksible.

Begitulah cara Allah menata jalan untuk umatNya, jangan takut mengambil keputusan yang menyangkut perintah Allah. Semata ujian keimanan sejauh mana kita sanggup meninggalkan urusan dunia demi akhirat. Lalu bagaimana jika penghasilan tidak cukup? Allah akan cukupkan dengan caranya, jika satu pintu tertutup pintu yang lain akan dibuka.

#30dwcjilid21day28
#Squad4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar