Selasa, 31 Desember 2019

Zuhud

Zuhud, adalah salah satu sikap terpuji yang disukai Allah SWT, dimana seseorang lebih mengutamakan urusan akhirat dan tidak terlalu mementingkan urusan dunia. Namun bukan berarti tidak perduli sama sekali, melainkan baginya dunia adalah sarana untuk mendapatkan kebahagiaan di akhirat.

Tak mudah untuk menjadi pribadi yang zuhud. Apalagi di zaman yang semakin canggih sekarang ini. Begitu banyak kemewahan yang ditawarkan berupa harta dan kekayaan. Ibarat kata anak-anak muda, mesti kuat-kuat iman karena kalau tidak bisa terjerat kenikmatan dunia. Sesuai dengan firman Allah SWT dalam Surat An-Nisa ayat 77 yang artinya, “Katakanlah, kesenangan di dunia ini hanya sebentar dan akhirat itu lebih baik untuk orang-orang yang bertakwa dan kamu tidak akan dianiaya sedikit pun.”

Zuhud terhadap dunia bukan berarti mengharamkan segala yang halal dan bukan pula tentang menyia-nyiakan harta. Akan tetapi, zuhud terhadap dunia adalah begitu yakin terhadap apa yang ada di tangan Allah daripada apa yang dimiliki di tangan manusia itu sendiri. Meskipun berharta, orang yang zuhud membelanjakan hartanya di jalan Allah tidak untuk menyombongkan diri dan berfoya-foya.

Jadi zuhud disini adalah sifat manusia yang mampu meredam hawa nafsu terhadap dunia dan mendahulukan segala sesuatunya untuk akhirat. Dia mengejar dunia semata-mata untuk beribadah kepada Allah, memenuhi kewajiban untuk akhiratnya saja. Tak mudah menjadi pribadi yang zuhud, sebab dunia dan seisinya memang sangat mempesona. Namun meskipun demikian semoga kita mampu mengubah segala kebiasaan buruk dan perlahan-lahan menanamkan sifat zuhud di dalam hati. Insya Allah.

#30dwcjilid21day20
#squad4


Tidak ada komentar:

Posting Komentar