Rabu, 25 Desember 2019

(semestinya) Sayangi Kakak

"Kakak sudah seperti orang tua bagi kami," begitu ungkapan salah satu adik Ibunya Rani ketika mereka tengah asik bercerita. Kalimat itu udah acapkali terdengar di telinga Rani namun cara pembuktiannya  justru membuat Rani geleng-geleng kepala. Kenapa tidak, katanya sayang kakak, sudah dianggap seperti orangtua sendiri, tapi kalau lagi ngumpul apa-apa minta tolong kakak. Entah itu sekedar membuatkan kopi atau menyiapkan sarapan. Padahal si kakak berjalannya pun sudah tidak se ligat dulu ketika masih berusia 50-an.

Ya, Ibu Rani usianya sudah hampir 70 tahun. Tapi adik-adik Ibunya kalau sudah berkumpul di rumah masih saja seperti sewaktu kecil. Apa-apa minta ke Ibu Rani, hingga Ibunya selalu kelelahan dan kurang istirahat. Tapi, entah saudara-saudara Ibunya tidak mengerti atau memang begitu cara mereka melepas rindu. Pastinya Rani pun merasa terbakar karena untuk kesekian kalinya mereka pulang namun sikapnya tidak berubah.

Seperti kepulangan kali ini, Rani dan saudaranya sudah mengatur strategi biar Ibunya tidak direpotkan. Tapi hasilnya, sama saja. Cuma beruntung salah seorang Pamannya membawa istri dan istrinya dengan senang hati membantu Ibu Rani mengatur biar praktis, jadi Ibu tidak perlu repot-repot lagi.

"'Nggak berubah ya Bu, katanya sayang sama Ibu, tapi Ibu 'nggak dikasih istirahat." Rani mengeluh kepada Ibunya.
"Sudahlah biarkan saja," Ibu Rani menjawab pasrah. "Kita lihat saja, sampai dimana mereka akan berubah," lanjut Ibu Rani.

Memang sudah menjadi kebiasaan, karena Ibu Rani adalah perempuan paling tua terbiasa mengurusi tujuh orang adik Beliau semenjak kecil. Hingga dewasa terkadang Ibu suka lupa dan masih melayani adik-adik Beliau seperti ketika masih kecil. Semestinya sang adik lah yang harus mengerti, bahwa seiring bertambahnya usia kita, usia kakak pun pastilah juga bertambah. Jika kita saja sering sakit-sakitan apalagi yang lebih tua daripada kita.

Jangan lupa, kita pun akan segera menua. Jangan sampai ketika kita tua, yang muda pun melakukan hal yang sama seperti yang kita lakukan kepada yang tua. Roda berputar, seperti apa kita di masa lalu, seperti itu pula yang akan kita terima di masa depan.

#30dwcjilid21day13
#squad4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar